Center for Entrepreneurship Development and Studies

6 Rahasia Sukses Berwirausaha

1. Alasan

Temukan alasan yang kuat mengapa anda ingin berwirausaha. Apakah karena susah cari pekerjaan, atau ingin merasakan menjadi seorang bos, bisa juga ingin mendapatkan penghasilan yang tak terbatas. Alasannya bisa apa saja, yang terpenting semakin kuat alasan anda untuk berwirusaha maka semakin fokus anda pada tujuan anda.

2. Keyakinan Yang Kuat

Anda harus memiliki kepercayaan yang kuat dan positif. Contohnya : anda yakin bahwa anda bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses, atau wirausaha itu mudah asal kita tahu caranya. Keyakinan yang positif seperti itulah yang harus anda bangun. Jangan sampai yang negatif yang justru mendominasi pikiran anda. misalnya seperti : saya takut gagal, wirausaha itu perlu bakat, dll. Pikiran negatif seperti itu harus anda singkirkan jauh-jauh.

3. Impian yang Jelas

Anda harus memiliki impian yang jelas. Karena dengan impian itu anda akan termotivasi untuk meraihnya. Jangan takut untuk memiliki impian yang tinggi. Karena semakin tinggi impian anda tentunya akan memberikan daya dorong yang lebih besar pada diri anda. Akan tetapi tetap harus bersikap fleksibel dan jangan sampai impian anda sesuatu yang mustahil bisa dicapai.

4. Penguasaan Ilmu (Belajar)

Dalam memulai wirausaha kita dituntut untuk terus belajar dan memiliki pikiran yang terbuka. Kita bisa belajar dari buku, orang lain yang sudah menjalankan bisnis, ataupun dari seminar-seminar.

5. Aksi

Langkah inilah yang paling penting dalam berwirausaha. Karena tanpa aksi tidak akan ada yang terjadi. Hanya dengan aksi atau tindakanlah kita bisa semakin dekat dengan impian kita.

6. Doa

Langkah yang ke-6 adalah do’a. Karena bagaimanapun kerasnya usaha kita, tetap saja Tuhan jugalah yang menetukan. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berusaha.

Semoga tips ini bisa bermanfaat buat temen-temen yang ingin mulai berwirausaha.

Sumber : http://artikelmu.com/6-rahasia-sukses-berwirausaha/

About these ads

21 Januari 2009 - Posted by | bisnis

48 Komentar »

  1. memang benar dari semuanya itu tetapi ada satu yang harus diingat jika kita memang sudah memiliki semua hal di atas jangan lupakan bahwa semuanya itu memerlukan MODAL….dan perlu diketahui perbankan di Indonesia masih belum terlalu berpihak kepada pengusaha kecil-menengah. jika kita datang dengan berpakaian layaknya pengusaha gedean kita akan disambut dengan baik layaknya seorang presiden tetapi perlu diketahui bahwa pengusaha besar sperti itulah yang yg selalu macet kreditnya hehehe…bahkan ada yang dibawa kabur segala k luar negeri…kalo boleh nyaranin kalo mau usaha dan pinjam modal lebih baik k bank jabar&Banten disana pelayanannya memuaskan dan sangat perduli jika usaha kita mengalami masalah.

    Komentar oleh yumi | 28 April 2009

  2. Sepengetahuan saya yang dipaparkan di atas adalah benar dan untuk masalah modal dan yang sangat diperlukan dalam meenggeluti dunia wirausaha adalah KEBENARAN, tanpa ada suatu kebenaran ibarat rumah tidak ada tiang alias gampang roboh oleh sedikit guncanagan saja.

    http:kuncibisnissendiri.blogspot.com

    Komentar oleh handono | 2 Mei 2009

  3. A ada impian
    B berusaha sungguh2
    C cara yang jitu
    D doa yg khusyuk

    Komentar oleh kangmoes | 17 November 2009

  4. good posting. very simple. namun postingan saya sangat berbeda dengan apa yang dipaparkan diatas. saya membahas 10 Rahasia Pengusaha Sukses di blog saya.

    Komentar oleh terapisukses | 8 Januari 2010

  5. betul….,,harus ada doa dan tekad yg kuat.,

    Komentar oleh wiwi | 10 Februari 2010

  6. memang antara impian dan doa dua hal yang tidak dapat di pisahkan intinya usaha dan berdoa………hidup pengusaha

    Komentar oleh arsala cargo | 17 Februari 2010

  7. ada satu yang harus jadi pertimbangan………….. dananya alias modal kalau cuma niatan sih ada cuma dapat modal yang sulit,,, dari mana? ad solusi????????????

    Komentar oleh rizki imoet | 18 Februari 2010

  8. kegagalan bkn berarti kta brhnti untuk brwirausaha,tapi kita harus tahu,Dimana letak kesalahan kita? baru kita memperbaikinya.

    Komentar oleh khoirul imron | 25 Februari 2010

  9. saya semakin mantabh untuk menjadi wirausaha..
    tapi modal,belum saya dapatkan..
    gimana dumz?

    Komentar oleh ratih | 1 Maret 2010

  10. Untuk pertanyaan yang belum terjawab, mungkin ada baiknya Anda bergabung di Forum UKM Indonesia di http://family.refreshindonesia.com by Refresh Indonesia.

    Komentar oleh Forum UKM Indonesia | 7 Maret 2010

  11. jurus actionnya saya masih kurang nie Pak.. perlu banyak praktek

    Komentar oleh Andi Supandi | 12 April 2010

  12. makasih bnyak atas sarannya……….. akan saya coba

    Komentar oleh edrizal | 15 April 2010

  13. MODAL MMG HRS DIPIKIRKAN,TAPI SAYA RASA KALO MODAL UANG BS KT DPTKAN DGN MUDAH,BAIK DARI TABUNGAN,PINJAM KE TEMAN,DLL.TAPI,YG SY TEKANKAN DISINI ADALAH BAGAIMANA KITA BISA MENGELOLA MODAL YANG SUDAH ADA.

    Komentar oleh NUR KHOLILAH | 18 Juni 2010

  14. dulu saya sama seperti apa yg bos2 bilang, susah dengan modal.
    tpi saya tidak memasalahkan itu setiap kemauan di ikuti dengan tindakan pasti mendapatkan hasil.kunci utama sesungguh`n adalah yakin,yakin dan yakin untuk memantabkannya.
    jangn jadikan modal itu menjadi hambatan buat kemajuan diri anda.saya bisa seperti ini apa lagi anda saya yakin anda bisa.. lanjutkan bro apa yg lo jalani sekarang.
    jangan lo dengerin mereka yg mempersalahkan modal, pada dasar`n mereka orang yg pasif yg tidak bisa berusaha dari 0.

    Komentar oleh panca | 23 Juni 2010

  15. Daleeeeemmmmm
    tapi semua benar keenam enamnya bukan cuma harus dibaca tapi harus di tanamkan juga di dalam diri. karena hal hal seperti itu kan jadi pemacu untuk tetap konsisten pada jalur yang kita jalani.

    Komentar oleh Ade Candra AW | 4 Juli 2010

  16. makasih yg telah bagnun forum berwirausaha ini…sayapun tertarik utk berwirausaha tp skrg msh aktif PNS….namun ingin menambah penghasilan, bagaimana ya ada saran utk saya. Masalah MODAL itu memang penting selain planning, pruduk line, tempat dan akses ke pemasarannnya…..makasih

    Komentar oleh didy ariady | 16 Juli 2010

  17. terimakasih atas tulisannya membuat motivasi terhadap orang yang mw berwirausaha

    Komentar oleh eppy | 8 Agustus 2010

  18. Tentunya semangat seorang pengusaha,serta berbagi pengalaman kpd teman2 yg telah berhasil dpt membangun motivasi baru…!
    oh iya kl ad yg tahu alamat forum tuk berbagi pengalaman dalm dunia usaha….

    Komentar oleh hadi | 15 Agustus 2010

  19. Trimakasih atas semua infonya

    Komentar oleh Kuwat | 21 Agustus 2010

  20. untuk memulai suatu usaha memang berat dibutuhkan suatu keberanian dan niat yang kuat apa lagi kalau posisi kita masih bekerja (punya pengahasilan) kita harus meningalkan pekerjaan dan keluar dari bekerja tsb disinilha terkadang orang binggung dedapan mata kita sudah punya penghsilan yang pasti tapi kalau kita mau usaha kepastian penghasilan belum terlihat sementara tanggung jawab/beban hidup makin bertambah,dan terkadang untuk memulai usaha orang dihantua sesuatu kegagalan disilah keberanian diperlukan sebernarnya kesuseslah yang kita mayangkan bukan kegagalan. modal bukan segalanya untuk memulai suatu usaha tapi Network lah yang paling penting

    Komentar oleh khan | 26 September 2010

  21. kesuksesan akan kita gapai jika kita mau bekerja keras dan berdoa.kalo masalah modal sih nomer berapanya…yang penting banget adalah semangat,semangat dan terus semangan,,peluang bisnis itu ada dimana aja cuma masalahnya bisa atau engga kita melihatnyaaaa dan hal itu ada pada kerjaan apa aja

    Komentar oleh rohman | 15 Desember 2010

  22. gemanaya kalau saya itu orang yang gak punya,mimpiaja gak berani,untuk bisa berani bermimpi apa yang harus saya lakukan?bagaimana jika saya tersadar dari mimpi kemudian melihat kenyataan diluar mimpi. mohon suportnya

    Komentar oleh jarwanto | 7 Januari 2011

  23. asalamualaikum..kepada seluruh wirausahawan saya adalah saya adalah pengusaha baju muslim yang telah memilii beberapa kios yang beroprasi di pasar TANAH ABANG jakarta pusat dan di berbagai kota di indonesia,kami menjual busana muslim yang kami produksi sendiri..bagi anda yang ungin menjadi wirausaha kita dapat bekerjasama dengan cara konsinyasi atau pun denagn cara lain..untuk info lebih lanjut hubungi 085888690998/087888693617

    Komentar oleh ahmad | 6 Maret 2011

  24. Tentunya semangat seorang pengusaha,serta berbagi pengalaman kpd teman2 yg telah berhasil dpt membangun motivasi baru…!
    untuk memulai suatu usaha memang berat dibutuhkan suatu keberanian dan niat yang kuat apa lagi kalau posisi kita masih bekerja (punya pengahasilan) kita harus meningalkan pekerjaan dan keluar dari bekerja tsb disinilah terkadang orang binggung didapan mata kita sudah punya penghasilan yang pasti tapi kalau kita mau usaha kepastian penghasilan belum terlihat sementara tanggung jawab/beban hidup makin bertambah,dan terkadang untuk memulai usaha orang dihantua sesuatu kegagalan disilah keberanian diperlukan sebernarnya kesukseslah yang kita bayangkan bukan kegagalan. modal bukan segalanya untuk memulai suatu usaha tapi Network lah yang paling penting

    Komentar oleh Andi Ekha Bakti | 13 April 2011

  25. HUFT SULIT JUGA…..

    Komentar oleh AHID | 6 Mei 2011

  26. dari kesemua 6 komment diatas emang ada benernya,, tapii aku pribadi yang sedang ngalamin masa pahit berwirausaha, karena baru juga sieee terjun ke dunia wirausaha, ternyata gak segampang yg aku bayangin pada awalnya…modal uda ada, usaha da jalan tapiii…… masih aja sulit buat dapet penghasilan yg banyak,,, belum lagi olokan& ejekan dari krabat n saudara yg memandang klo jadi pns itu lebih baik,, karena punya pemasukan tetap, n pake seragam ke kantor tiap hariii,,, aku jadi hampir putus Asa…Neh jadi wirausaha.

    Komentar oleh deborah | 8 Mei 2011

  27. gagal krn wirausaha hanya untk kduniaan y sfty panas,
    mk dg niat mncari ahirat akn mnjadkn wirausaha ada di hati kita

    Komentar oleh ulin nafs | 10 Juli 2011

  28. “usaha” usaha memang sesuatu yg mnggiurkn tp butuh keterampilan dan ketelatenan. saya seorang pegawai n skrg saya jg sdg merintis usaha sampingan.. mmng modal alasan pertama orang utk mundur dlm usaha.. tp yakinlah TUHAN dk tidur, yg pntg usaha n berdo’a smua psti ada jalannya. dan 1 yg perlu di ingat smua jalan g slm nya mulus.. tp kl srng di lewati psti lama2 akan mulus juga.. n sapa tau lama2 jd aspal. smg ini jd MOTIFASI utk saya dan kita smua yg ingin usaha menuju SUKSES.. aammiiiinn..

    Komentar oleh joko | 7 September 2011

  29. [...] 6 Rahasia Sukses Berwirausaha [...]

    Ping balik oleh Rahasia Sukses Berwirausahawan « Fajar's Blog | 28 September 2011

  30. sepakat. modal juga penting. dan kebanyakan pada takut memulai karena kurang ato ga ada modal.

    Komentar oleh arynazzakka | 13 November 2011

  31. mantaaaaaaaffffffff

    Komentar oleh Dwi Sudarmono | 7 Desember 2011

  32. mantap gan… emang betul bgt sih gan… tp padaaktualnya pemikiran negatif kadang menghantui tanpa kita ingin… gmn caranya agar hal fokus itu tetap stabil di fikiran kita

    Komentar oleh lambow | 20 Februari 2012

  33. aku seorang guru tk,tp belakangan aku lg merintis usaha almunium dan kaca,,br berjalan kira2 satu bln,,,,setelah aku pertimbangkan,,,aku ingin sekli fokus ke bisnis ini,,,aku merasa ga maksimal jk aku jalni 2 profesi sekligus.aku hrs pilih salah satu,,,seblm karir ku sbg guru berjalan matang.mgkn ada masukan dari temen2,,,mksh

    Komentar oleh niken | 21 Februari 2012

  34. JAJAN KAN SAJA DUA2 NYA.

    Komentar oleh AYAABY | 5 Maret 2012

  35. Saya udah belajar dari buku, seminar dan langsung berguru pada orang yang sudah sukses menjalankan bisnis dan tidak lupa praktekin ilmu yang didapat. Tapi karena kendala modal yang membuat usaha saya sepertinya tidak ada kemajuan. mohon doanya dari temen-temen semua. terima kasih

    Komentar oleh Grosir Aksesoris Wanita Murah | 23 Maret 2012

  36. Bagaimana tipsnya berwirauhasa tapi modal belom ada dengan alasan kurang percayanya kreditur yang meminjamkan uang..
    seperti UKM,koprasi,bank,dll..

    Komentar oleh fadli asyahbar | 5 April 2012

  37. menjalankan yang di atas sangat gampang..
    hanya satu masalah nya??
    bagaimana kita mendapatkan MODAL nya..?!!!

    Komentar oleh nalla praditya | 9 Juli 2012

  38. modal,modal dan modal!!!!!!!!!!!! kata ini memang sulit untuk di selesaikan… banyak orng yang memiliki kreteria-keriteria yang cukup hanya 1 keriteria yang kurang MODAL ngdrop n tidak terppakai lagi keriteria itu…banyak solusi tapi terhenti dengan masalah modal….
    tetapi ada solusi yang cukup baik untuk masalah ini bila wirausawan-wirausawan terhenti oleh masalah modal coba bersama di sekeliling anda untuk membangun usaha secara kelompok untuk meminimalisir masalah modal karna keyakinan adalah persatuan. dan persatuan adalah kesejahteraan. dan kesjahteraan adalah kemakmuran. dan kemakmuran adalah kesuksesan dalam kelompok.

    Komentar oleh alan kurniawan | 9 Agustus 2012

  39. PROMO SPESIAL MURAHHHH….>>>
    flasdisk DEAM 4 GB 40.000
    Flasdisk Sandisk 4GB 50.000
    FLadisk advance 8 GB 55.000
    flasdisk kingston 8GB 60.000
    cara pesan:
    Nama Nama Barang Lokasi/alamat
    kirim ke 0819-0642 7856/ 0856 9323 6619/0857 25 021875
    Promo berlaku sampai 30 Oktober 2012
    buruan pesan sekarang juga….!!!

    Komentar oleh makmun | 10 Oktober 2012

  40. hahah

    Komentar oleh witri | 11 Oktober 2012

  41. semua udah ada….modal yang belum ada

    Komentar oleh coim | 16 Oktober 2012

  42. Banyak sekali Orang di sekitar kita yang ingin sekali berwirausaha tapi selalu terkendala Modal .
    Sulitnya meminjam Modal di BANK membuat mereka patah arang dengan Keadaan di negeri kita ini .
    Ada yang tau cara mencari Modal ???

    Komentar oleh Sukses berbisnis | 29 Oktober 2012

  43. Tinggal tambahan sedikit Modal dan cari Lokasi yang bagus …

    Komentar oleh Bisnis menguntungkan | 29 Oktober 2012

  44. I was suggested this website through my cousin. I’m not positive whether this post is written via him as nobody else know such special about my trouble. You’re wonderful!
    Thanks!

    Komentar oleh wifi setup | 16 Desember 2012

  45. terimakasih atas masukannya,kesuksesan milik kita sendiri..

    Komentar oleh jeyy | 8 Juni 2013

  46. I’m gone to inform my little brother, that he should also pay a quick visit this website on regular basis to obtain updated from hottest information.

    Komentar oleh callaway Golf grips | 22 Juni 2013

  47. kalau saya hanya takut bayangan aja” itu yang sangat berat” jika mana kalau hanya saya yang gagal”itu tidak masalah tapi untuk anak2 and istri keprimen “mohon dukungannya

    Komentar oleh agung cahyadi | 17 Oktober 2013

  48. makasih atas motifasinya all… intinya sekarang permantap niat, terus berusaha dan jangan takut gagal..
    karena kegagalan adalah keberhasilan yg tertunda, semoga kesuksesan bersama kita semua..amin

    Komentar oleh ImmankAR | 9 Desember 2013


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: