Center for Entrepreneurship Development and Studies

Motivasi : Mulai dari Diri Sendiri, Mulai Saat Ini!

Tidak ada orang yang bisa memiliki motivasi lebih baik dari memotivasi dirinya sendiri. Motivasi diri sendiri seperti ini datang dari diri kita sendiri bukan dari orang lain.

Ada beberapa tips motivasi diri sendiri :

1. Melakukan refleksi terhadap apa yang akan kita capai lalu menuliskannya di selembar kertas.

Untuk bisa melakukan motivasi terhadap diri kita, kita harus tahu apa tujuan yang ingin kita capai. Lalu kita harus mengembangkan perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang. Jalan mana yang akan kita pilih, haruslah mendukung dan sesuai logika. Kita tidak bisa memilih jalan yang kita sendiri tahu bahwa kita tidak akan sanggup menjalaninya. Akhirnya yang akan kita temui adalah kegagalan dan keputusasaan sebelum kita mampu mencapai tujuan kita tersebut.
Setelah kita menuliskan tujuan kita bersama dengan rencana yang kita buat untuk mencapainya, tempelkan kertas tersebut di tempat yang akan sering kita lihat setiap saat. Bisa di cermin dalam kamar, di lemari, di dinding, atau dimanapun yang menurut kita akan membuat kita sering melihat dan membacanya. Setiap hari paling tidak kita harus melihat dan membacanya sekurangnya 5 kali. Hal ini kita lakukan agar kita selalu teringat dengan tujuan yang ingin kita capai.
Setiap hari kita juga harus mencatat apa saja hal yang telah kita lakukan untuk semakin mendekatkan kita dengan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan begitu kita bisa menyadari dan merasakan apakah tujuan itu masih jauh, semakin dekat atau hampir tercapai.

2. Berhentilah menunda

Menunda-nunda adalah hal yang bisa membunuh impian kita. Juga mampu membunuh motivasi dalam diri kita sendiri. Tetapkan batas waktu untuk mencapai satu tujuan, dan berpeganglah dengan batas waktu yang kita tentukan sendiri. Dengan memiliki perasaan dikejar batas waktu, kita juga akan lebih fokus dan berusaha untuk memenuhi tujuan tersebut. Namun berhati-hatilah dengan menentukan batas waktu, jangan sampai waktu yang kita tentukan sendiri membuat kita stres dan frustasi, sehingga malah merusak mental dan pikiran kita. Pikirkanlah batas waktu yang tepat dan tetap membuat anda nyaman dalam menjalaninya. Terburu-buru juga bukanlah hal yang baik.

3. Menghadiahi diri sendiri

Setiap orang merasa senang bila diberikan hadiah atau penghargaan ketika menyelesaikan sesuatu atau tujuan tertentu. Jadi cobalah untuk memberikan hadiah atau menghargai diri kita sendiri ketika kita menyelesaikan satu bagian dalam perencanaan kita untuk mencapai tujuan akhir kita. Hal ini membuat kita akan memiliki harapan untuk bisa menyelesaikan bagian-bagian berikutnya untuk memperoleh hadiah yang lebih baik. Kita bisa coba berjanji pada diri sendiri, misalnya ; kita tidak akan membeli baju baru sampai salah satu rencana kita selesai. Jadi ketika rencana tersebut selesai kita akan memiliki rasa bangga pada diri sendiri.
Ingat juga, setelah kita menyelesaikan satu rencana cobalah membuat rencana baru lagi dan pastikan batas waktunya. Orang yang sukses akan selalu mencari cara untuk mengembangkan diri mereka dan kehidupan mereka.

4. Bersenang-senanglah

Dalam melakukan pekerjaan kita sering dihadapkan dengan masalah ataupun beban pikiran yang berat, jadi rasa humor yang cukup bisa menjadi salah satu kunci untuk sukses. Cobalah untuk tidak terlalu berat memikirkan masalah dan pekerjaan. Belajarlah untuk menikmati apa yang kita lakukan setiap hari, sehingga kita bisa tetap termotivasi dan merasa antusias. Dan dengan tetap memiliki perasaan tersebut, kita bisa membantu diri sendiri mengontrol tingkat stres yang kita miliki.

Motivasi diri sendiri memiliki keuntungan tersendiri dan juga memacu diri kita untuk bisa lebih berkembang, lebih baik, dan mengarah pada kesuksesan.
Dengan memotivasi diri sendiri, berarti kita juga bisa menciptakan jalan-jalan baru untuk melangkah mencapai tujuan kita.

sumber : http://artikelmu.com/tips-motivasi-diri/

18 Januari 2009 - Posted by | bisnis

11 Komentar »

  1. duh bagus bener, tapi knapa cuma sdikit ya. bloleh gak kirim ke e-mail aku beberapa catatan motivasi diri… makasih ya……..

    Komentar oleh iman | 27 Januari 2009

  2. Bener banget..motivasi itu datang dari diri kita sendiri, sebesar apapun orang-orang di sekitar kita memberikan kita semangat, namun percuma saja jika bukan diri kita sendiri yang membangunnya. Hiduplah dengan selalu memberi lalu bersyukurlah atas apapun yang kita miliki hari ini dan ingat..hiduplah dengan pikiran positif serta penuh cinta…

    Komentar oleh some map | 2 Februari 2009

  3. Sy mrs apa yg di utarakan dlm artikel ni akn sgt mempyai pengaruh dlm hdp bg pr pembcnya, utk sy hrp bs trus di tmbh kualitas isinya

    Komentar oleh Zulfan | 1 Maret 2009

  4. INI SAMA KAYA YG BARUSAN GW RANGKUM BUAT TUGAS TUTOR

    Komentar oleh tenyom | 12 Maret 2009

  5. salam sukses, anda mau berkerja sambilan melipat brosur, sukses buat anda

    Komentar oleh http://www.motivasi-winner.com | 21 Maret 2009

  6. Terima kasih, postingannya bagus. Saya akan praktekkan

    Komentar oleh Risan | 4 April 2009

  7. seep

    Komentar oleh brok1313 | 20 April 2009

  8. Siipz..postingx bgs. Aq udah berkali2 bca yg kyk smacam ini. Tp, rasa malaz tu tetap ada. Jd, aq msh bsa mempraktekkanx sbagian. Hehe

    Komentar oleh Dyah | 26 Desember 2009

  9. salam kenal,aku kasih catatan motivasi donk k facebook q,

    Komentar oleh dear | 26 Desember 2009

  10. Mulailah dari diri sendiri, dari yang kecil dan mulai lakukan sekarang…

    Komentar oleh www.englishnesia.com | 20 Agustus 2015

  11. Tetap fokus dan tetap semangat untuk berusaha dalam mencapai tujuan kita

    Komentar oleh www.indokursus.com | 20 Agustus 2015


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: