Center for Entrepreneurship Development and Studies

Tips dalam Internet Marketing

Internet Marketing adalah suatu cara pemasaran menggunakan fasilitas internet atau online. Sekarang ini bisnis online memang diminati banyak orang. Namun, tidak semua dapat sukses seperti yang ia harapkan. Berikut ini akan dipaparkan tips sukses Internet Marketing dalam penciptaan produk sendiri (bukan afiliasi).

1. Temukan “Hot Market” bukan “Hot Product

Hot market” adalah pasar yang banyak terdapat permintaan tetapi kompetisi tidak terlalu ketat. Pada umumnya, pemula berlomba-lomba mencari “hot product” seperti produk money-making (misalnya How To Make Money from House, How To Make Money With Computer). Memang produk tersebut terlihat menarik, namun tingkat kompetisinya terlalu tinggi untuk seorang pemula.

Hot Market dapat dicari dengan WordTracker, yaitu situs yang dapat memberikan data berapa banyak “search” mengenai suatu keyword di internet setiap harinya. Setelah Anda tahu berapa banyak orang yang mencari suatu keyword, misalnya parrot (burung beo), Anda harus mengetahui dari negara mana “search” itu datang dengan menggunakan GoogleTrends. Anda akan mengetahui negara yang paling banyak berminat pada informasi parrot, misalnya Amerika dan Afrika Selatan, dan hanya ada 2-4 kompetitor (pemasang iklan) di sini! Dengan begitu, Anda telah menemukan suatu “hot market”.

2. Ciptakan Suatu Produk Informasi Digital

Mengapa harus informasi digital? 92% yang dicari orang di internet adalah INFORMASI! Dan ini merupakan kesempatan bisnis yang sangat besar.

Alasan mengapa Anda harus ada di bisnis informasi :

Tingkat kompetisi sangat rendah, boleh dikatakan tidak ada—karena semua yang Anda ciptakan dan jual ada hak patennya (copyright-protected). Jika menjual produk fisik, kemungkinan ada yang lain yang menjual produk sama, sedangkan produk informasi digital biasanya unik.

Profit margin sangat tinggi. Produk informasi tidak membutuhkan biaya produksi, tidak ada biaya pengiriman karena semua dikirimkan dalam bentuk digital (download).

Kebebasan waktu, karena Anda dapat bekerja di mana saja dan kapan saja, tanpa ada ikatan.

Dapat dijalankan dengan sistem “Auto Pilot” karena ada suatu sistem yang dapat Anda terapkan sehingga bisnis dan produk Anda dapat menjadi passive income dan berjalan dengan sendirinya.

Hanya perlu bekerja sekali saja dalam menciptakan produk informasi namun dapat terus-menerus dijual, bahkan bertahun-tahun setelahnya.

Biaya memulai usaha yang sangat murah dan tidak perlu pegawai maupun kantor. Yang Anda perlukan hanyalah sebuah komputer, koneksi internet, dan kemauan untuk sukses.

Jadi, apakah Internet Marketing suatu “cara cepat” untuk kaya? Jawabannya TIDAK, Internet Marketing adalah suatu bisnis legal yang membutuhkan skill dan komitmen seperti bisnis lainnya. Yang membedakan bisnis Internet Marketing dengan bisnis lainnya adalah modal yang dikeluarkan sangat kecil dan boleh dibilang tanpa risiko. Sukses di Internet Marketing tidak dapat dicapai dalam 1 malam, tetapi jika Anda melakukannya dengan penuh komitmen dan mau belajar ulang, sukses adalah milik Anda dalam waktu yang singkat.

3. Kategori yang paling laku di dalam Internet Marketing

How To…

“How To” atau produk informasi bagaimana cara untuk melakukan sesuatu adalah produk informasi yang paling banyak dicari oleh para pengguna internet. Contoh : How To Play Golf, How To Speak Spanish.

Self Help

Contohnya adalah self hypnosis, public speaking, dan pengobatan alternatif.

Finansial (Keuangan)

Topik ini termasuk bagaimana mengelola keuangan pribadi, laporan pajak, dan bagaimana menjadi miliuner.

Money-making (Kekayaan)

Topik ini juga selalu menjadi favorit karena keinginan manusia untuk mencari uang tidak pernah surut. Contohnya How To Make Money from House, How To Make Money With Computer.

Health/Fitness/Diet (Kesehatan)

Topil ini juga termasuk topik yang selalu menjadi favorit karena untuk hidup sehat dan bugar selalu menjadi idaman setiap orang.

Skills/Training

Pada umumnya semua orang suka untuk dapat menguasai suatu skill tertentu dengan cepat dan mudah, oleh karena itu topik ini merupakan salah satu primadona Internet Marketing. Contoh : Pelajaran piano online.

Entertainment/Travel/Lifestyle

Topik ini juga sangat populer, tetapi biasanya mengikuti tren dan cepat berubah.

Sumber : Internet Cash Machine (Alex Iskandar & Jethro Jiang)—Penerbit PT Elex Media Komputindo, 2008.

6 Januari 2009 - Posted by | bisnis

1 Komentar »

  1. Siii…p,lindungilah para pemula (gaptek)dari info2 yang menjebak dan menipu

    Komentar oleh Ojat sudrajat | 26 Januari 2012


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: